AkeeStyle Framework Standar 2.1

1. LATAR BELAKANG

Perkembangan hardware komputer kini yang sangat pesat membuat perkembangan software pun meningkat dengan pesatnya pula. Sistem Operasi komputer yang selalu diperbaiki dan dikembangkan membuat perubahan-perubahan setting aplikasi yang semakin beraneka ragam pula.

Diantara sekian banyak pengguna komputer saat ini, lebih dari separuhnya menggunakan sistem operasi Microsoft Windows XP. Termasuk penulis. Komputer berprosesor Intel Pentium IV dan Athlon XP sekarang ini telah lebih terjangkau harganya, membuat pemakai komputer beralih dari sistem operasi generasi Windows 98 dan Windows 2000 ke WIndows XP yang menjanjikan fleksibilitas.

Bagi pemakai yang sangat mobile dan bekerja dengan berbagai komputer, entah itu di rumah, di kantor, ataupun di perjalanan, yang tentunya juga memiliki setting komputer yang berbeda-beda, akan mengalami sedikit kesulitan dan ketidaknyamanan ketika beralih kerja dari komputer kantor ke komputer rumah. Dan itu juga yang penulis rasakan ketika bekerja “mengejar deadline”. Sungguh tidak nyaman bila bekerja di lingkungan yang berbeda. Karena itu agar nyaman bekerja penulis menyusun sebuah standar kerangka kerja yang sama yang memudahkan untuk bekerja di lingkungan yang berbeda.

Salah satu kelebihan Windows XP, atau kita sebut saja XP agar lebih singkat, adalah adanya fasilitas User Account yang membuat sebuah komputer dapat dipakai bersama-sama dengan pemakai lain dengan setting yang dapat dipersonalisasi secara berbeda-beda untuk setiap User Account. Well , setidaknya ini lebih baik daripada User Account yang ada di Windows 98 dan di Windows 2000.

Namun tetap saja Windows XP ini masih banyak kekurangannya, terutama bagi Power User yang menuntut kenyamanan yang lebih tinggi dalam bekerja. Penulis merasa bete ketika bekerja di sebuah komputer kantor yang memiliki setting yang berbeda, misalnya tidak adanya fonts yang dibutuhkan, setting warna layar monitor yang lebih redup, ataupun ketidakadaan program Dreamweaver, misalnya, untuk membuat sebuah website.

Sejak saat itu penulis memikirkan sebuah aturan standar yang dapat meminimalisir perbedaan-perbedaan setting komputer. Sampai akhirnya lahirlah AkeeStyles Framework Standard ini.

 

2. TUJUAN & SASARAN

AkeeStyle Framework Standard [AFS], seperti yang telah disinggung pada bagian latar belakang di atas, merupakan sebuah standar kerangka kerja yang mengatur setting komputer agar disusun dengan menurut aturan yang sama. Sehingga tidak terasa adanya perbedaan lingkungan kerja yang mencolok. Dan selama ini dirasakan berhasil secara signifikan.

Sasaran AFS adalah komputer-komputer yang sering digunakan untuk bekerja, yaitu yang di rumah dan yang di kantor. Sehingga interoperabilitas berjalan dengan mulus. Pekerjaan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Berawal dari sebuah setting kecil-kecilan agar merasa nyaman bekerja di rumah, dan di kantor, kemudian bekerja lagi di rumah, kini AFS berkembang menjadi aturan standar yang mengatur setting komputer. Dan kemungkinan akan lebih berkembang menjadi sebuah aturan kerja dalam kehidupan sehari-hari.

AkeeStyles Framework Standard [AFS] 2.1 ini disusun sejak tahun 2001 dengan nama AkeeStyles 1.0, dan sejak saat itu berkembang sesuai dengan semakin banyaknya aplikasi yang digunakan. Mencoba berbagai macam setting yang paling efektif dan efisien. AFS ini sangat terasa manfaatnya terutama ketika menginstall ulang sistem operasi. Pemakai tidak perlu lagi repot-repot mengatur shortcut aplikasi atau hal-hal sepele-tetapi-vital lainnya.

Dalam kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada Microsoft yang merespon keinginan kami dan para pemakai komputer lainnya agar sistem operasi dapat lebih user-friendly, dan lebih mudah dikustomisasi. AFS hadir untuk lebih menyeragamkan proses kustomisasi sehingga suasana kerja lebih sederhana dan menyenangkan.

 

3. STANDARD SETTINGS

Ada beberapa aturan standar dalam AFS 2.1, semua itu ditujukan agar semua pekerjaan dapat lebih efisien dan efektif :
• Manajemen Folder
• Manajemen Software
• Manajemen Icon
• Manajemen Font
• Standard Setting Software
• Setting lainnya.

 

[AkeeStyle Framework Standar 2.1 bagian 1]

2 Comments to “AkeeStyle Framework Standar 2.1”

  1. Wahh,, mantabs nih artikelnya,, keren2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: